Minggu, 07 November 2010

Format Flashdisk dgn system NTFS


Bagaimana cara Merubah format USB Flashdisk yang pada umumnya memiliki File system FAT atau FAT 32, menjadi NTFS..?

Sebagian kita mungkin jarang memperhatikan tipe file sistem yang digunakan Flashdisk kita, apakah itu NTFS, FAT32 atau FAT. Ada sedikit perbedaan antara File system FAT atau Fat 32 dengan NTFS. FAT atau FAT 32 digunakan oleh sebagian besar memory flash, sedangkan NTFS biasanya digunakan oleh Drive Penyimpan bekapasitas besar seperti Harddisk dan sejenisnya.

NTFS merupakan format file system Windows terbaru setelah FAT32, dan mempunyai beberapa kelebihan seperti kemampuan copy data yang lebih cepat dibandingkan FAT maupun FAT 32, menyimpan tambahan informasi mengenai file/folder (metadata), fitur keamanan, kompresi data, struktur yang lebih baik dan lainnya. Selain itu, tipe NTFS bisa digunakan untuk mem-format ukuran yang lebih besar, NTFS bisa sampai 16 EB ( 16 juta TB ). Untuk FAT hanya 2 GB, FAT32 8 TB ( 8.000 GB),
Meskipun demikian, tetap saja NTFS ada kekurangannya, seperti tidak terbaca di Win9x dan proses baca tulis ke disk yang lebih sering. sehingga untuk flashdisk, mempengaruhi umur (daya tahan).

Jika anda ingin mencoba merubah format USB flashdisk anda menjadi NTFS, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka proerties Flashdisk dengan cara klik kanan pada flshdisk kemudian pilih "Properties"Kemudian pilih tab "Hardware" pilih nama flashdisk anda kemudian klik tombol "Properties"Selanjutnya mucul tab "Policies" pada kotak dialognya beri tanda pada poin "Optimize for performance" lalu “OK”



2. Nah sekarang anda bisa memformat flashdisk anda menjadi FAT, FAT32, atau NTFS
3. Klik kanan pada flashdisk -> pilih Format -> pada file system pilih NTFS -> START format



4. Lihat sekarang flasdisk sudah berubah menjadi NTFS


SELAMAT MENCOBA

***************************

Komentar Lewat Facebook

Ingin Artikel wiro-com di kirim ke Email Anda. Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by wiro-com

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA SANGAT PENTING UNTUK MEMBANGUN BLOG INI MENJADI LEBIH BAIK LAGI, TERIMA KASIH UNTUK TIDAK SPAMMING!