Senin, 08 November 2010

Mencegah Virus Autorun dan Recycler Flashdisk

Pasti kamu sudah nga asing lagi dengan folder autorun. Folder pelindung dari virus autorun ini adalah cara yang digunakan oleh anti virus Smadav yang terinspirasi oleh Antivirus Panda USB Vaccine. Dengan membuat folder autorun.inf maka virus tidak dapat lagi membuat file autorun.inf karena windows tidak akan mengijinkan kita untuk membuat file/folder dengan nama yang sama. Ternyata nga susah koq untuk membuat folder ini. Lansung aja kita coba untuk membuatnya :



* hapus file autorun.inf (virus)
* Buat folder baru dengan nama "autorun.inf"
* lalu buka notepad
* kemudian ketikkan kode dibawah ini :

[.ShellClassInfo]
CLSID={2559a1f2-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0}


kemudian simpan didalam folder Autorun tadi dengan nama "desktop.ini"
buka Command Prompt

ketikkan "attrib +s /s /d E:\autorun.inf" tanpa tanda petik lalu enter.Nb: "E:\" adalah drive (E)

Agar folder autorun tersebut lebih aman, buatlah folder UNDELETABLE didalam folder autorun tersebut. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca di artikel "UNDELETABLE folder". Hingga terbentuk seperti ini "E:\autorun.inf\con\aux\nul".

Sebenarnya hanya dengan satu baris perintah saja folder autorun milik smadav tersebut sudah bisa dihapus total.
Sama halnya dengan Smadav yang trinspirasi oleh AV Panda Vaccine, Bedanya Smadav membuat folder dengan nama autorun.inf sedangkan Panda membuat file autorun.inf dan hebatnya file ini tidak bisa hapus bahkan direname sekalipun.
Untuk membuat file / folder tidak bisa di hapus bahkan direname bisa menggunakan triks ini :
( XP Profesional Editions )

* Buka explorer-> tools-> folder options-> View-> click "show hidden files and folder", kemudian hilangkan checklist pada "hide extensions for known file types", hilangkan juga checklist pada "hide protected operating system file".

* Hapus folder Recycler dan sebelum folder itu muncul lagi di Flashdisk kamu, buatlah file dengan nama "recycler" dengan cara klik kanan->New->Text Document, kemudian rename menjadi "recycler".

* Jangan lupa beri attribut read only dan hidden file.

* Agar file recycler buatan tersebut tidak mudah dihapus. Buka explorer-> tools-> folder options-> View-> hilangkan checklist pada "Use simple sharing (recommended)".

* Klik kanan-> properties pada file recycler buatan tadi kemudian pilih tab security. Setting Permissions menjadi deny All untuk semua group or User names. cara ini hanya bisa dilakukan pada NTFS system saja, makanya kamu harus memFormat flashdisk kamu dengan NTFS system.caranya bisa dibaca disini

* Coba kamu hapus recycler buatan tersebut. Apa yang terjadi file recycler itu nga bisa dihapus.

SELAMAT MENCOBA

***************************

Komentar Lewat Facebook

Ingin Artikel wiro-com di kirim ke Email Anda. Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by wiro-com

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA SANGAT PENTING UNTUK MEMBANGUN BLOG INI MENJADI LEBIH BAIK LAGI, TERIMA KASIH UNTUK TIDAK SPAMMING!